Kamis, 27 Desember 2012

Festival dan Acara di Jepang


Beragam festival dan acara diselengarakan dalam setiap tahunnya di Jepang. Masing-masing daerah/ prefektur ikut ambil bagian dalam perayaan nasional di Negeri Sakura tersebut. beberapa festival
atau perayaan di Jepang tak hanya menarik minat kalangan domestik warga Jepang saja, namun juga disemuti oleh kalangan turis asing yang berkunjung ke Jepang. Selain berwisata di tempat-tempat wisata terkenal seperti di kuil-kuil, istana, pantai, danau dan lainnya para turis asing tersebut sering juga ikut berpartisipasi atau minimal menjadi bagian dari pentonton beragam pertunjukan festival.
Berbagai perayaan festival yang diselenggarakan di Jepang merupakan bentuk dari ekspresi bangsa Jepang untuk melestarikan sekaligus mempopulerkan kebudayaan mereka sendiri kepada khalayak luas terutama kalangan turis asing. Perayaan festival-festival di Jepang merupakan perwujudan dari kebudayaan Jepang yang dinamis dan selalu ada modifikasi-modifikasi untuk menyesuaikan dengan kemajuan zaman. Dalam tiap tahunnya, tak terhitung jumlahnya acara kebudayaan yang diselenggarakan. Hampir di setiap kuil di Jepang selalu menyelenggarakan acara musim tersebut.
Ada banyak ragam dan jenis festival yang diselenggarakan di Jepang yang merupakan elemen penting dalam sebuah tradisi. Festival-festival tersebut ada yang dirayakan dengan cara enerjik dan sangat mengharu-biru ada juga yang penyelenggaraannya meditatif, sepi. Festival-festival tersebut banyak ditunggu oleh masyarakat Jepang sendiri pun warga asing yang ingin menyaksikan secara langsung adat tradisi di Jepang dalam bentuk ekspresi kebudayaan. Makanya, dalam setiap perayaan festival banyak orang yang hadir karena menjadi komoditas tontonan yang menarik dan unik.
Puluhan ribu wisatawan domestik maupun asing ambil bagian dalam setiap perayaan festival-festival di Jepang yang penuh warna dan enerjik. Lautan manusia akan tampak dalam setiap perayaan festival. Mereka bersuka cita dan bahagia dalam merayakannya, sementara para turis banyak yang sibuk mengambi gambar atau memvideokan momen langka dan eksklusif tersebut. turis asing dan penduduk lokal berbaur menjadi satu untuk ikut dalam keramaian dan kemeriahan perayaan festival di Jepang ini.
Selamat Menyaksikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar